Senin, 14 November 2011

Segudang Manfaat Wortel

Mencerahkan warna kulit
Tidak sedikit wanita menggunakan masker dengan parutan wortel untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar. Parut wortel dan campur dengan sedikit madu, lalu jadikan masker pada wajah atau kulit tubuh. Diamkan 5 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika dilakukan rutin, warna kulit menjadi lebih indah.

Jantung
Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berkaitan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung betakarotein tapi juga alfakarotein dan lutein yang baik untuk menjaga serta memelihara kesehatan jantung.



Sembelit
Vitamin A pada wortel dapat membantu hati atau liver untuk membuang racun dari dalam tubuh. Serat yang ada pada wortel juga baik untuk melancarkan saluran pencernaan yang mencegah terjadinya sembelit.

Gigi dan gusi
Wortel memiliki kandungan yang berguna untuk mengikis plak dan partikel makanan yang bekerja seperti sikat atau pasta gigi. Mineralnya juga bermanfaat baik untuk mencegah kerusakan gigi.

Stroke
Penelitian oleh Harvard University menyebutkan, mereka yang makan wortel lebih dari 6 buah wortel selama seminggu memiliki resiko lebih rendah terkena stroke dari pada mereka yang makan 1 buah wortel sebulan

Mata
Wortel kaya akan Beta-karotein yang diubah menjadi vitamin A dan ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin. Sebuah pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan pada malam hari. Banyak makan wortel memiliki resiko 40% lebih rendah terkena degenerasi makula dibandingkan yang tidak.

Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan kandungan falcarinol dan falcarindiol pada wortel bisa mengurangi resiko kanker paru-paru, payudara, dan kanker usus.

Anti penuaan dini
Wortel kaya akan betakaroten yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel yang dialami tubuh melalui metabolisme. Hal ini sangat membantu memperlambat proses penuaan dini.

Kulit sehat bercahaya
Vitamin A dan antioksidan pada wortel bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh yang kekurangan vitamin A menyebabkan kulit kepala dan rambut kering serta kulit tubuh terlihat kusam. Banyak makan wortel bisa mencegah kerut, jerawat, kulit kering, menyamarkan noda hitam dan warna kulit tidak merata.

Antiseptik
Wortel sudah dikenal banyak orang sebagai obat antiseptik alami yang ampuh untuk menyembuhkan luka. Parut atau haluskan wortel metah atau yang sudah direbus, lalu taruh pada bagian tubuh yang terluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar